Tujuan Depicta 2018

Penyelenggaraan Depok ICT Award 2018 bertujuan untuk:

  1. Menggali inovasi dan kreativitas masyarakat dalam menciptakan konten digital positif dalam bentuk videografis/motiongrafis;
  2. Meningkatkan awareness/kepedulian masyarakat atas kondisi dan potensi yang ada di Kota Depok;
  3. Menjalin sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam mensosialisasikan program kegiatan Pemerintah Kota Depok;
  4. Membangun citra positif Kota Depok melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Latar Belakang Depicta 2018

Depicta 2018

Pemerintah Kota Depok setiap tahunnya melaksanakan berbagai program kegiatan sebagai bentuk pelayanan pada masyarakat. Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang bertujuan untuk meningkatkan indeks kepuasan masyarakat. Namun seringkali pemerintah dan masyarakat seolah berada pada dua kubu yang berseberangan, masyarakat merasa pemerintah tidak mengakomodir aspirasinya, sementara pemerintah merasa masyarakat kurang terlibat dalam mensukseskan program yang ada. Hal ini antara lain disebabkan oleh kurang tersosialisasikannya program pemerintah dengan baik. Peranan humas pemerintah menghadapi tantangan besar seiring dengan semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi serta tren kehumasan. Kehumasan pemerintah harus peka dan menyesuaikan diri atas perubahan yang ada.

 

Salah satu bentuk pergeseran tren pada kehumasan adalah pada konten yang saat ini lebih mengarah kepada bentuk infografis ketimbang teks. Di era informasi dimana setiap orang dihujani berbagai konten, terdapat keterbatasan waktu dan energi untuk memahami sebuah informasi, oleh karena itu dibutuhkan bentuk penyampaian yang mengemas informasi menjadi lebih menarik dan mudah dicerna. Infografis adalah bentuk penyajian informasi secara visual/grafis sehingga mudah dipahami. Infografis sendiri terdiri atas infografis statis yang berbentuk gambar tak bergerak, infografis animasi yang berbentuk video/animasi baik 2 dimensi maupun 3 dimensi, dan infografis interaktif dimana pengguna dapat berinteraksi dengan informasi yang ditampilkan melalui user interface. Selain dari sisi konten, pemerintah juga perlu beradaptasi dengan tren media digital dalam dunia kehumasan, dimana media sosial menjadi ujung tombak penyampaian informasi.

 

Dengan berbagai adaptasi yang dilakukan oleh kehumasan pemerintah, terdapat kendala pada ketersediaan sumber daya manusia. Oleh sebab itu akan sangat efektif apabila sosialisasi program pemerintah dilakukan dengan berkolaborasi bersama masyarakat. Keterlibatan masyarakat dalam program pemerintah diharapkan dapat memberikan dampak rasa memiliki atas program pemerintah sebagai program bersama yang perlu disukseskan secara bersama-sama. Jika ada sebagian kecil masyarakat yang membantu pemerintah, seiring dengan derasnya arus informasi diharapkan gelomba ng positif yang disebarkan dapat sampai kepada yang lain dan menular untuk terus disebarkan sehingga seluruh masyarakat Kota Depok dapat mengetahui dan ikut menggaungkan hal-hal positif yang ada di Kota Depok.

 

Atas dasar hal tersebut, maka Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Komunikasi dan Informatika mencoba bersinergi dengan masyarakat Kota Depok, menyebarkan konten positif program pemerintah di media digital yang dikemas dalam bentuk infografis video/animasi (videografis/motiongrafis) melalui ajang kompetisi inovasi dan kreativitas Depok ICT Award 2018 yang mengambil tema “1 Minute Depok Positive Vibes”.