Kriteria Penjurian Depicta 2018

  1. Kriteria penjurian adalah sebagai berikut:
  • Konten (60%)
    • Kesesuaian dengan tema (10%)
    • Ketepatan data dan informasi (10%)
    • Ketepatan pemilihan sudut pandang (10%)
    • Pemenuhan atas unsur 5 W + 1 H (10%)
    • Kemampuan menimbulkan efek positif (10%)
    • Estetika (10%)
  • Penguasaan Teknik Desain Grafis/Multimedia (15%)
  • Jumlah Like pada akun Youtube, Instagram dan Facebook (25%)
  1. Hasil seleksi 10 Karya Terbaik untuk setiap kategori akan diumumkan di http://depicta.depok.go.id pada tanggal 28 Agustus 2018;
  2. Penjurian akan dilaksanakan oleh Dewan Juri pada tanggal 29-31 Agustus 2018;
  3. Pemenang akan diumumkan pada acara puncak Depok ICT Award yang akan diselenggarakan di Hall DMall Depok pada tanggal 1 September 2018;
  4. Hasil keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Ketentuan Penyerahan Karya Depicta 2018

  1. Peserta mendaftarkan diri secara online pada http://depicta.depok.go.id dengan melengkapi formulir pendaftaran dan melampirkan bukti identitas diri/ketua tim (KTP/SIM/Kartu Mahasiswa/Kartu Pelajar) paling lambat tanggal 16 Agustus 2018;
  2. Akun media social yang digunakan untuk keperluan kompetisi agar mensubscribe akun Youtube Pemkot Depok dan memfollow akun Instagram dan Facebook Pemerintah Kota Depok (IG: @depokictaward, @diskominfodepok, @pemkotdepok | FB: Depok ICT Award, Diskominfo Depok, Pemerintah Kota Depok | Twitter: @diskominfodepok, @pemkotdepok);
  3. Karya infografis yang dikompetisikan diunggah pada media sosial Youtube, Instagram dan Facebook dengan memention akun Pemerintah Kota Depok dan mencantumkan hastag #depicta2018 #depokpositivevibes dan #depokbersahabat ;
  4. Peserta mengirimkan karya infografis dengan format .mp4 secara online dengan mengunggah tautan media cloud storage dan sharing file, tautan unggahan di media sosial Youtube, Instagram, dan Facebook pada http://depicta.depok.go.id paling lambat tanggal 24 Agustus 2018 Pk 17.00 WIB;
  5. Panitia penyelenggara tidak bertanggung jawab atas kerusakan pada file/tautan file yang diunggah;
  6. Karya infografis yang tidak memenuhi ketentuan di atas tidak diproses.

Ketentuan Konten Karya Depicta 2018

  1. Infografis yang dikompetisikan wajib sesuai tema dan ketentuan per kategori;
  2. Infografis yang dikompetisikan tidak mengandung unsur SARA, mendiskriditkan pribadi/institusi, pornografi, dan kekerasan;
  3. Infografis yang diikutsertakan dalam kompetisi merupakan karya orisinal, kreatif, dan inovatif, yang dibuat pada tahun 2018 dan belum pernah menang dalam kompetisi infografis apapun;
  4. Konten infografis merupakan hal positif yang menginspirasi serta melibatkan masyarakat secara langsung;
  5. Konten infografis merupakan sosialisasi Program Kegiatan Pemerintah terkait salah satu dari 7 pilar Kota Cerdas, yaitu:
  • Smart Government

Konsep smart government menyangkut salah satu unsur penting perkotaan, yaitu badan / instansi pemerintahan yang dalam menjalankan fungsinya memanfaatkan penggunaan teknologi informasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat secara efektif dan efisien.

  • Smart Mobility

Konsep smart mobility mencakup aspek transportasi dan pembangunan infrastruktur. Aspek transportasi meliputi perencanaan, pengaturan dan pengendalian jalan raya, arus lalu lintas, moda transportasi, terminal dan stasiun. Aspek pembangunan infrastruktur meliputi penguatan sistem perencanaan infrastruktur kota, penataan Daerah Aliran Sungai (DAS), pengembangan perumahan dan permukiman, dan pengendalian pembangunan infrastruktur.

  • Smart Environment

Konsep smart environment meliputi penataan lingkungan, penataan ruang terbuka hijau dan taman kota, pengendalian sumber air bersih, pengolahan limbah, pengelolaan sampah dan pengelolaan setu.

  • Smart Living

Konsep smart living meliputi pengelolaan sarana dan prasarana olahraga, penataan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), pengelolaan sarana dan prasarana kesehatan, pelayanan kesehatan.

  • Smart Economy

Konsep smart economy meliputi peningkatan inovasi, akses, daya saing dan pemasaran KUKM;  upaya meningkatkan jumlah wirausaha baru dan ekonomi kreatif, penguatan potensi pariwisata, penguatan pengelolaan pasar tradisional.

  • Smart People

Konsep smart people meliputi upaya untuk meningkatkan kecerdasan, kreativitas dan inovasi warga Depok melalui pengelolaan layanan pendidikan, pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan baik formal, nonformal maupun pendidikan berbasis masyarakat.

  • Smart Branding

Konsep smart branding meliputi pemanfaatan media cetak, media elektronik, internet dan media sosial dalam upaya untuk melakukan sosialisasi dan promosi atas prestasi, inisiatif dan kreativitas yang dilakukan Kota Depok dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

  1. Materi konten berupa teks, gambar, atau video dapat diperoleh dengan cara:
    • Mengunduh pada website http://depicta.depok.go.id, http://depok.go.id, dan website resmi perangkat daerah lainnya;
    • Mendapatkan materi dari perangkat daerah terkait;
    • Wawancara dengan narasumber terkait;
    • Merekam video secara langsung pada lingkungan terkait.

Untuk memperoleh materi konten, peserta dapat mendapatkan Surat Pengantar dari Panitia Penyelenggara.

  1. Karya infografis yang tidak memenuhi ketentuan di atas akan dieliminasi dan tidak ikut dinilai oleh juri tanpa pemberitahuan kepada peserta.

Ketentuan Umum Depicta 2018

  1. Depok ICT Award 2018 “1 Minute Depok Positive Vibes” terbuka untuk pelajar, mahasiswa dan umum, kecuali anggota Panitia dan Dewan Juri Kompetisi serta pegawai Diskominfo Kota Depok;
  2. Panitia penyelenggara memiliki hak untuk menggunakan karya infografis yang dikompetisikan untuk kepentingan Depok ICT Award 2018 “1 Minute Depok Positive Vibes” dan kepentingan sosialisasi Pemerintah Kota Depok dengan tetap mencantumkan nama pembuat;
  3. Peserta tidak dipungut biaya.

 

Tujuan Depicta 2018

Penyelenggaraan Depok ICT Award 2018 bertujuan untuk:

  1. Menggali inovasi dan kreativitas masyarakat dalam menciptakan konten digital positif dalam bentuk videografis/motiongrafis;
  2. Meningkatkan awareness/kepedulian masyarakat atas kondisi dan potensi yang ada di Kota Depok;
  3. Menjalin sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam mensosialisasikan program kegiatan Pemerintah Kota Depok;
  4. Membangun citra positif Kota Depok melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Latar Belakang Depicta 2018

Depicta 2018

Pemerintah Kota Depok setiap tahunnya melaksanakan berbagai program kegiatan sebagai bentuk pelayanan pada masyarakat. Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang bertujuan untuk meningkatkan indeks kepuasan masyarakat. Namun seringkali pemerintah dan masyarakat seolah berada pada dua kubu yang berseberangan, masyarakat merasa pemerintah tidak mengakomodir aspirasinya, sementara pemerintah merasa masyarakat kurang terlibat dalam mensukseskan program yang ada. Hal ini antara lain disebabkan oleh kurang tersosialisasikannya program pemerintah dengan baik. Peranan humas pemerintah menghadapi tantangan besar seiring dengan semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi serta tren kehumasan. Kehumasan pemerintah harus peka dan menyesuaikan diri atas perubahan yang ada.

 

Salah satu bentuk pergeseran tren pada kehumasan adalah pada konten yang saat ini lebih mengarah kepada bentuk infografis ketimbang teks. Di era informasi dimana setiap orang dihujani berbagai konten, terdapat keterbatasan waktu dan energi untuk memahami sebuah informasi, oleh karena itu dibutuhkan bentuk penyampaian yang mengemas informasi menjadi lebih menarik dan mudah dicerna. Infografis adalah bentuk penyajian informasi secara visual/grafis sehingga mudah dipahami. Infografis sendiri terdiri atas infografis statis yang berbentuk gambar tak bergerak, infografis animasi yang berbentuk video/animasi baik 2 dimensi maupun 3 dimensi, dan infografis interaktif dimana pengguna dapat berinteraksi dengan informasi yang ditampilkan melalui user interface. Selain dari sisi konten, pemerintah juga perlu beradaptasi dengan tren media digital dalam dunia kehumasan, dimana media sosial menjadi ujung tombak penyampaian informasi.

 

Dengan berbagai adaptasi yang dilakukan oleh kehumasan pemerintah, terdapat kendala pada ketersediaan sumber daya manusia. Oleh sebab itu akan sangat efektif apabila sosialisasi program pemerintah dilakukan dengan berkolaborasi bersama masyarakat. Keterlibatan masyarakat dalam program pemerintah diharapkan dapat memberikan dampak rasa memiliki atas program pemerintah sebagai program bersama yang perlu disukseskan secara bersama-sama. Jika ada sebagian kecil masyarakat yang membantu pemerintah, seiring dengan derasnya arus informasi diharapkan gelomba ng positif yang disebarkan dapat sampai kepada yang lain dan menular untuk terus disebarkan sehingga seluruh masyarakat Kota Depok dapat mengetahui dan ikut menggaungkan hal-hal positif yang ada di Kota Depok.

 

Atas dasar hal tersebut, maka Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Komunikasi dan Informatika mencoba bersinergi dengan masyarakat Kota Depok, menyebarkan konten positif program pemerintah di media digital yang dikemas dalam bentuk infografis video/animasi (videografis/motiongrafis) melalui ajang kompetisi inovasi dan kreativitas Depok ICT Award 2018 yang mengambil tema “1 Minute Depok Positive Vibes”.

Kategori Kompetisi Depicta 2018

  • Perorangan

Peserta perorangan mengirimkan karya videografis/motiongrafis berdurasi 1 menit (60 detik) yang memenuhi ketentuan kompetisi.

  • Kelompok

Peserta merupakan tim yang maksimal terdiri dari 5 orang, mengirimkan karya videografis/motiongrafis berdurasi 3 menit (180 detik) yang memenuhi ketentuan kompetisi dan membuat versi singkat yang berdurasi 1 menit (60 detik).