Gambar vektor

Gambar vektor

Hai Sobat Depicta. Depok ICT Award kali ini mengambil tema tentang lomba Desain Vector Rame-Rame Berbudaya. Nah, sebenarnya apa sih Gambar Vector itu sendiri?

Dikutip dari laman Wikipedia, berikut adalah pengertian Gambar Vector.

Gambar vektor adalah gambar yang menggunakan poligon untuk membuat gambar pada komputer grafis. Pada dasarnya, gambar vector menggunakan vektor. Lokasi-lokasi pada vektor dinamakan control points atau nodes. Setiap posisi ini memiliki posisi yang pasti berdasarkan sumbu x dan y dari bidang kerja dan menentukan arah jalan. Setiap alur pada vektor bisa ditambahkan atribut, termasuk ketebalan garis, bentuk, kurva, warna garis, dan warna isi.[1][2]

Beberapa aplikasi bisa digunakan untuk membuat atau mengubah gambar vektor. Gambar vector tidak bisa disunting oleh applikasi yang membuat gambar bitmap dan begitu pula sebaliknya.

Proses ketika kita mengkonversikan gambar vektor ke bitmap dinamakan perasteran.

Proses ketika kita mengkonversikan gambar bitmap ke vektor dinamakan tracing

Karena gambar vektor dibuat berdasarkan fungsi matematis, ukuran dan resolusi gambar tidak akan mempengaruhi hasil akhir dari gambar vektor.[3] Sebagai contoh, kita bisa menggunakan gambar vektor dan kita print ke ukuran kartu dan dengan menggunakan gambar yang sama, kita print ke ukuran billboard. Jika kita menggunakan gambar bitmap, pembesaran yang begitu signifikan akan membuat gambar itu pecah. Tetapi, dengan menggunakan gambar vektor, kita akan mendapatkan hasil akhir yang sama bagusnya.